Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulsel Buka Forum Perangkat Daerah



  • Ajak peserta forum antisipatif hadapi dinamika administrasi yang semakin cepat

Makassar, birohumas.sulselprov.go.id – Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan, Moh. Hasan membuka secara resmi Pelaksanaan Forum Perangkat Daerah di Hotel Grand Sayang, Jl. Manunggal No. 22, Kamis (1/8).
Dalam sambutannya, Moh. Hasan mengatakan bahwa dalam penyelenggaraan pemerintahan secara umum terjadi paradigma baru seiring dengan ditetapkannya Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah yang telah diubah menjadi Undang-Undang Nomor 32 tahun 2004, yang kemudian diubah lagi menjadi Undang-Undang 23 Tahun 2014.
“Undang-Undang ini telah memberi kewenangan yang luas kepada Daerah sehingga membawa konsekuensi perubahan sistem penyelenggaraan Pemerintahan yang mendasar baik di Tingkat Pusat maupun Provinsi dan Kabupaten/Kota,” kata Hasan.
Di depan 50 orang peserta forum yang berasal dari 24 kabupaten/kota se-Sulawesi Selatan, Hasan menjelaskan bahwa melalui Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, secara tegas dan rinci dapat dilihat bahwa bobot kewenangan yang lebih besar ada pada Pemerintah Provinsi.
“Kondisi ini mengharuskan kita untuk segera melakukan langkah antisipatif untuk menghadapi dinamika administrasi yang kian cepat termasuk juga dalam bidang kearsipan dan perpustakaan,” jelasnya.
Lebih lanjut, Hasan menyebutkan bahwa salah satu persoalan mendesak yang dihadapi dalam bidang kearsipan adalah rendahnya kesadaran dan apresiasi aparat terhadap pentingnya arsip sumber informasi dan bahan akuntabilitas kinerja pemerintah, kemudian dalam bidang perpustakaan adalah rendahnya minat baca masyarakat.
“Tentunya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan selaku institusi yang bertanggungjawab dalam pembinaan kearsipan dan perpustakaan memiliki tanggung jawab yang besar,” sebut Hasan.
Sebagai penutup sambutannya, Hasan mengatakan bahwa tujuan utama dari kegiatan tersebut adalah untuk membangun komitmen dan menyamakan persepsi, mendorong terciptanya kreativitas dan inovasi baru, serta peningkatan kualitas sumber daya manusia yang mampu berdaya saing di bidang perpustakaan dan kearsipan.
“Semoga Pelaksanaan Forum Perangkat Daerah ini dapat bermanfaat bagi kita semua dalam menjalankan tugas pemerintahan,” tutupnya. (*)

sumber : https://birohumas.sulselprov.go.id/index.php/2019/08/08/kadis-perpustakaan-dan-kearsipan-provinsi-sulsel-buka-forum-perangkat-daerah/

Posting Komentar

0 Komentar